Jatu Rahmawati – Pringky Suhendri –
Andyka Saputra – Indah Wulandari –
Angelina Mantili –
Samsul Bahri – Fransiskus
Retno Aditya (Kelompok 7)
• Pertanyaan : Apa Kekurangan dari E-Commerce?
• Bagi Masyarakat.
• Berkurangnya interaksi antar manusia Karena masyarakat lebih sering
berinteraksi secara elektronik, dimungkinkan terjadi berkurangnya
kemampuan sosial dan personal manusia untuk bersosialisasi dengan orang
lain secara langsung.
• Kesenjangan sosial. Terdapat bahaya potensial karena dapat terjadi
kesenjangan sosial antara orang-orang yang memiliki kemampuan teknis dalam
e-commerce dengan yang tidak, yang memiliki keahlian digaji lebih tinggi
daripada yang tidak.
• Adanya sumber daya yang terbuang. Munculnya teknologi baru akan membuat
teknologi lama tidak dimanfaatkan lagi. Misalnya dengan komputer model
lama atau software model lama yang sudah tidak relevan untuk digunakan.
• Sulitnya mengatur internet. Sejumlah kriminalitas telah terjadi di internet dan
banyak yang tidak terdeteksi. Karena jumlah jaringan yang terus berkembang
semakin luas dan jumlah pengguna yang semakin banyak, seringkali membuat
pihak berwenang kesulitan dalam membuat peraturan untuk internet.
Bagi Konsumen:
• Perlunya keahlian computer. Tanpa menguasai keahlian computer, mustahil
konsumen dapat berpartisipasi dalam e-commerce. Pengetahuan dasar
computer diperlukan, antara lain pengetahuan mengenai internet dan web.
• Biaya tambahan untuk mengakses internet. Untuk ikut serta dalam ecommerce
dibutuhkan koneksi internet yang tentu saja menambah pos
pengeluaran bagi konsumen.
• Biaya peralatan computer. Komputer diperlukan untuk mengakses internet,
tentu saja dibutuhkan biaya untuk mendapatkannya. Perkembangan
komputer yang sangat pesat menyarankan konsumen untuk juga
mengupdate peralatannya apabila tidak ingin ketinggalan teknologi.
• Risiko bocornya privasi dan data pribadi. Segala hal mungkin terjadi saat
konsumen mangakses internet untuk menjalankan ¬ e-commerce, termasuk
risiko bocornya data pribadi karena ulah orang lain yang ingin membobol
sistem.
• Berkurangnya rasa kepercayaan karena konsumen berinteraksi hanya
dengan komputer.
Dewi Anggraini (Kelompok 6)
Apa saja cara menanggulangi kekurangan saat belanja
dari bisnis online?
• Periksa data lengkap penjual, seperti nama, alamat, no.telepon/Hp, data
bank, lebih baik jika ada profil perusahaan / tempat shop online.
• Periksa whois record domain penjual dan pastikan data Registrant adalah
sama dengan yang ada di websitenya. Di dalam Registrant Information
wajib menggunakan nama, alamat, negara, email dan no telepon yang
jelas dan benar. Periksa kembali apakah data pada website penjual tempat
shop online tsb adalah sama dengan Registrant Informationnya. Untuk
melihat registration information domain silahkan buka :
http://whois.domaintools.com
• Hubungi no telepon yang diberikan, dan berbicaralah dengan si penjual
secara langsung dan yakinkan diri anda bahwa anda tidak ditipu.
Walaupun mungkin belanja kecil-kecilan seperi pakaian pria maupun
pakaian wanita.
• Periksa data perusahaan/company profil si penjual, lebih baik jika
didukung dengan bukti dokumen, seperti izin usaha, izin produksi dll
• simpan bukti transaksi - termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi
digital, salinan e-mail antara anda dengan penjual
• Pastikan nama pemilik Account Bank adalah sama dengan nama si penjual
yang tertera di websitenya. Anda bisa mengeceknya di ATM/Internet Banking
ketika akan transfer. Jika anda menemukan nama yang berbeda, segera
batalkan transfer anda
• Hati-hati dengan produk palsu yang ditawarkan, bila perlu lakukan pengecekan
apakah produk tsb mempunyai izin. Ada juga tempat menjual pakaian, seperti
jual kaos yang melakukannya.
• Jangan terpancing dengan harga promo yang sangat murah, trik ini sering
dipakai para penipu agar pembeli terpancing dengan harga murah, bandingkan
harga dengan situs web yang lainnya, bila selisih harga yang terlampau jauh
sebaiknya jangan melakukan transaksi.
• lakukan riset terhadap situs web tempat anda berbelanja. Tips ini harus
dilakukan kalau anda berbelanja di situs web yang anda sendiri kurang familiar.
• Baca baik-baik kebijakan situs web dan kebijakan pengembalian barang.
Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau
barang yang dikirim cacat, anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan
tentu saja diganti dengan barang baru atau uang anda kembali. Periksa juga
siapa yang membayar pengembalian barang itu.
M. Sudiono Hafiz (Kelompok 3)
Apa saja kerangka kerja E-Commerce?
Kerangka kerja (framework) dari eCommerce memiliki beberapa
komponen, antara lain:
• Nasional Inormation Technology Committee (on eCommerce).
Komite ini bertanggung jawab untuk memformulasikan Information
Technology, speciically eCommerce, di Indonesia. Komite ini dapat
membuat working group untuk meneliti penggunaan teknologi
informasi lebih lanjut. Berbagai pihak yang terlibat dalam bidang
commerce dan electronic commerce sebaiknya terwakili dalam
komite ini, misalnya adanya wakil dari Perbankan.
• Communication Infrastructure
• EC/EDI standards / infrastructure. Menentukan standar yang dapat
diterima oleh semua pihak merupakan salah satu kunci utama.
• Cyberlaw: EC laws, Electronic Security laws.
• Customers & related organizations
Handoko (Kelompok 2)
Bagaimana mencegah penipuan melalui online shop?
• Cara mencegah penipuan melalui online shop dapat
dilakukan dengan banyak cara, diantaranya jadilah pembeli
yang sadar, dalam artian jangan terlalu percaya dengan
situs-situs yang memberikan harga murah dalam
promosinya, untuk lebih memastikan anda dapat melihat
komentar-komentar para pelanggan dibawahnya, apabila
komentar-komentar yang keluar berbau negatif maka
tinggalkan saja online shop tersebut dan pindah ke
webstore yang lain. Selanjutnya untuk berbelanja yang
lebih aman anda dapat menggunakan online shop yang
memiliki rating cukup tinggi, seperti, tokobagus, sportindo,
lapak-lapak pada kaskus, Rakuten online shopping,
startindonesia dan masih banyak lagi yang lain.
Putri Agustipani (Kelompok 4)
Bagaimana keamanan pada bisnis online?
Keamanan merupakan salah satu komponen atau servis yang
dibutuhkan untuk menjalankan eCommerce.
• Teknologi Kriptografi. Teknologi kriptografi menjelaskan
bagaimana mengamankan data dengan menggunakan
enkripsi, seperti pada sistem private key dan public key.
• One Time Pasword. Penggunaan password yang hanya
dapat dipakai sebanyak satu kali. Bisaanya password angka
digital yang merandom angka setiap kali transaksi.
• Konsultan keamanan. Konsultan, organisasi, dan institusi
yang bergerak di bidang keamanan dapat membantu
meningkatkan dan menjaga keamanan. Contoh organisasi
yang bergerak di bidang ini adalah IDCERT.
Esa Manggala (Kelompok 1)
Bagaimana cara menggunakan paypal pada ECommerce?
• Cara yang pertama harus digunakan adalah
anda harus mempunyai akun pada paypal
dengan mendaftarkan diri sesuai dengan
ketentuan-ketentuan yang telah ditentukan
kemudian sebelum anda dapat menggunkan
akun paypal tersebut anda harus
memverifikasi akun tersebut agar dapat
melalukan transaksi dalam berbelanja
ataupun berbisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar